Mahasiswa Unusa dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah

Pengertian Ahlussunnah wal Jama'ah
• Sunah secara bahasa adalah suatu jalan walaupun tidak diridhoi oleh Allah SWT
• Sunah secara syari'ah adalah jalan yang diridhoi oleh Allah.
• Jama'ah adalah sekelompok orang yang berkumpul atau suatu golongan walaupun jumlah mereka sedikit.
• Ahlussunnah wal Jama'ah adalah golongan yang berpegang teguh dengan Al - Quran. Termasuk dalam golongan sahabat rasul

Pengertian Nahdlatul Ulama
Nahdlatul Ulama adalah sebuah organisasi keagamaan dan kemasyarakatan yang mengikuti paham Ahlussunnah wal Jama'ah,terbentuk pada 16 Rojab 1344 / 31 Januari 1926 di Surabaya. Pendirinya adalah KH. Hasyim Asy'ari beserta para kyai yang lainnya seperti KH. Wahab Abdullah, KH. Bisri Syansuri, KH. Ridwan Abdullah, dsb.

Visi dan Misi Nahdlatul Ulama

Visi Nahdlatul Ulama yaitu maju dalam presentasi santun dalam pekerti, terwujudnya generasi muslim Ahlussunnah Wal Jama'ah, cerdas, berkarakter, mandiri, dan berakhlaqul karimah.

Misi Nahdlatul Ulama
- Membentuk pribadi muslim Ahlussunnah Wal Jama'ah yang beriman dan bertaqwa. - Membentuk generasi yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. - Membentuk pribadi berkarakter dan berakhlaqul karimah. - Mengintensifkan pembelajaran intrakurikuler dan memiliki keunggulan di bidang akademik. - Menggiatkan pembelajaran ekstrakurikuler dan meningkatkan prestasi nonakademik. - Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan potensi akademik dan nonakademik. - Mampu bersaing melanjutkan studi di perguruan tinggi. - Mampu bersaing melanjutkan studi di perguruan tinggi. - Mampu berkiprah dalam kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan. - Memiliki bekal kemampuan untuk terjun di dunia kerja

Tradisi keagamaan semacam yasinan, tahlilan, kenduren, itulah ciri khas NU. Tradisi yang berkembang di masyarakat adalah karakter Islam Nusantara. Karakter dan praktik yang dilakukan umat Islam di Nusantara itulah ciri khas keagamaan NU. Masyarakat misalnya tiap Kamis, mengadakan tradisi yasinan.
 
4 dasar prinsip Nahdlatul Ulama

•Tawasuth/Moderat
•Tasumuh/Toleransi
•I'tidal/Adil dan tegak lurus
•Tawazun/Keseimbangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Dan Peluang Mahasiswa Dalam Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0

resume berita unusa

Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka